RSS

>Tips menggunakan keyboard Shortcut

14 Mei

>Ini yang hend seneng dengan internet…
Ilmu pengetahuan akan selalu bertambah…
Langsung saja hend mau kasih sedikit pengetahuan….

Mouse merupakan salah satu perangkat yang memberi kita kemudahan di dalam menjalankan sebuah program aplikasi komputer. Ketika kita menjalankan aplikasi dan bekerja dalam lingkungan aplikasi tersebut, mouse dengan sebuah titik-intuitif serta metode-kliknya sangat membantu mempercepat pekerjaan yang kita lakukan.

Beda halnya untuk seseorang yang sering mengetik dan menghabiskan waktu berjam-jam dalam mengetik, terkadang menggunakan mouse malah dapat memperlambat pekerjaannya.

Jika kita adalah seorang pengetik dengan teknik yang baik, memindahkan tangan kita yang berada di keyboard ke mouse dapat memakan waktu sampai beberapa detik. Jika kita melakukan pengetikan berjam-jam maka waktu yang dapat kita hemat bisa mencapai beberapa menit, ini semua bisa kita lakukan bila kita telah tebiasa dengan fungsi shortcut pada keyborad.

Fungsi shortcut ini merupakan salah satu fasilitas yang di sediakan oleh banyak aplikasi komputer dalam hal ini saya mengunakan MS Windows XP.

Selain dengan menggunakan mouse kita dapat menggunakan keyboard shortcut untuk melakukan tiga hal berikut:

Start program
Navigasi menu
Minimize, maximize, and close windows

Berikut ini adalah tutorial singkat yang akan saya bahas:

Memulai sebuah program dengan menggunakan keyboard shortcut

Mencari sebuah program yang akan kita jalankan dengan mengklik start menu adalah salah satu cara yang biasa kita lakukan. Dengan mengklik start menu untuk memulai sebuah program dapat memakan waktu cukup lama. Jika kita sering menggunakan salah satu program yang kita pakai setiap hari dalam bekerja, maka kita dapat mulai menetapkan keyboard shortcut untuk program tersebut, sehingga kita dapat mejalankannya tanpa harus memindahkan tangan kita dari keyboard ke mouse.

Cara untuk menetapkan keyboard shortcut

1.klik Start menu, kemudian klik All Program. Klik kanan tombol mouse pada program yang ingin kita tetapkan keyboard shortcut-nya, kemudian klik Properties.

2.klik pada shortcut key box, kemudian tekan huruf pada keyboard yang akan digunakan untuk menjalankan program ini. Buatlah untuk mudah diingat misalnya, tekan I untuk Microsoft Internet Explorer.

Note: Kita dapat menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil ketika membuat shortcut keyboard ini untuk mengaksesnya nanti.

Pada shortcut key box, Microsoft Windows XP secara otomatis menambahkan Ctrl + Alt + sebelum tombol yang kita pilih. Bila kita ingin menjalankan program ini, tekan ke bawah kedua tombol CTRL dan ALT secara bersamaan kemudian tahan, setelah itu tekan huruf yang kita pilih. Penambahan Ctrl + Alt + ini bertujuan agar program tersebut tidak akan otomatis terbuka apabila kita sedang mengetikan salah satu huruf yang telah digunakan sebagai inisial shortcut salah satu program, pada saat kita tidak ingin menjalankannya.

3.Klik OK

4.Sekarang kita bisa mencoba shortcut yang telah kita buat. Tekan dan tahan tombol Ctrl + Alt kemudian tekan tombol huruf yang telah kita pilih. Apabila kita menemui kesulitan pada saat kita harus menekan Ctrl + Alt secara bersamaan, kita dapat mengaktifkan salah satu fungsi lagi yaitu Turn on the Sticky Keys feature yang dapat anda baca selengkapnya di link ini.

5.Jika suatu saat teman-teman kita melihat kita dapat menjalankan program di komputer dengan tanpa menyentuh mouse, mereka mungkin akan mengira bahwa kita mempunyai hubungan khusus dengan komputer kita.

6.Trimakasih.

Semoga bermanfaat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 14, 2011 in Komputer dan tutorial

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: