RSS

>Update status ke semua Jejaring sosial dengan cepat

18 Jun

>Salah satu cara untuk update status Facebook adalah dengan menggunakan layanan web Ping.fm (dapat diakses di http://ping.fm/). Layanan ini memungkinkan kita merubah status akun Facebook kita tanpa perlu login ke situs Facebook itu sendiri.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara update status Facebook dengan Ping.fm, saya berikan sedikit perkenalan lewat gambar di bawah ini.

Gambar di atas adalah gambar dashboard akun Ping.fm. Semua kebutuhan Ping.fm bisa Anda akses lewat dashboard tersebut. Dashboard ini adalah halaman pertama yang diakses setelah seorang pengguna masuk ke Ping.fm.

Kotak hijau pada gambar adalah kumpulan jejaring sosial (social network) yang sudah dikonfigurasi dengan Ping.fm. Kotak merah adalah tempat isian update status yang akan dikirim ke jejaring sosial dalam kotak hijau. Kotak biru menyediakan berbagai pilihan cara update status selain yang tersedia di kotak merah.

Gambar di atas sudah menyiapkan konfigurasi untuk 4 (empat) situs jejaring sosial, yaitu Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Friendster. Akan tetapi awal penggunaan Ping.fm, bagian tersebut akan kosong. Yang ada hanya link “Add More Networks”. Klik link tersebut untuk menambahkan konfigurasi jejaring sosial baru.

Link tersebut akan membawa Anda ke pilihan jejaring sosial yang didukung oleh Ping.fm. Cari “Facebook”, kemudian klik link “Add Network” yang ada di sebelahnya. Selanjutnya Anda akan diminta mengikuti langkah-langkah konfigurasi Ping.fm dengan Facebook. Untuk konfigurasi ini, Anda juga perlu masuk ke akun Facebook Anda karena pada dasarnya konfigurasi ini akan memasang aplikasi Ping.fm untuk akun Facebook Anda.

Setelah melewati semua langkah-langkah tersebut, seharusnya Anda akan kembali ke dashboard Ping.fm Anda. Kalau konfigurasi yang Anda lakukan sudah benar, Anda langsung bisa mengirim pesan lewat Ping.fm. Perhatikan kembali bagian kotak merah pada gambar. Di bagian tersebut pada dashboard Anda, Anda bisa mengisi pesan yang ingin dikirim oleh Ping.fm ke Facebook, kemudian tekan tombol “Ping it!”

Di titik ini Anda seharusnya sudah bisa update status Facebook kapan saja menggunakan Ping.fm. Anda tidak perlu lagi login ke situs Facebook kalau hanya ingin update status. Saya yakin bagi beberapa orang cara ini terbilang praktis terutama untuk orang-orang yang kesulitan mengakses situs Facebook mereka, misalnya karena situs Facebook diblokir atau koneksi Internet yang digunakan terbilang lambat.

Anda bisa segera menambahkan konfigurasi situs jejaring sosial yang lain selain Facebook seperti pada contoh di atas, yaitu Twitter, Friendster, atau LinkedIn. Situs untuk blogging dan micro-blogging seperti Blogger dan Plurk pun didukung oleh Ping.fm. Masalah jejaring sosial mana yang ingin Anda gunakan, semua kembali kepada kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Namun kelebihan Ping.fm (dan alasan saya membuat tulisan ini) tidak berhenti di sini. Kelebihan Ping.fm adalah fasilitas yang diberikan kepada pengguna untuk melakukan update dari berbagai perangkat. Contoh yang bisa saya berikan adalah update dengan menggunakan email.

Perhatikan kembali gambar di atas, bagian kotak biru itu menyediakan berbagai pilihan cara update. Untuk bisa mengirim update lewat email, klik link “E-mail” pada bagian di dalam kotak biru pada dashboard Anda.

Link itu akan membawa Anda ke sebuah halaman yang menyediakan khusus untuk akun Ping.fm Anda. Anda cukup mengirim pesan lewat akun Gmail atau Yahoo!Mail Anda yang ditujukan kepada posting e-mail address tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu masuk ke Ping.fm untuk update status. Itu artinya bila konfigurasi Ping.fm dan Facebook Anda sudah benar, Anda bisa langsung update status Facebook hanya dengan mengirim email.

Alternatif lain selain email juga tersedia. Seperti yang dijanjikan oleh Ping.fm sendiri, Anda bisa update status dari Instant Messenger, seperti GTalk atau YM, atau lewat SMS. Silakan Anda coba sendiri berbagai alternatif yang disediakan oleh Ping.fm itu.

Jadi dengan bermodalkan Ping.fm, kita dapat update status Twitter, Facebook, Friendster, LinkedIn, dan situs jejaring sosial kita yang lain hanya dengan mengirim sebuah email. Satu hal yang perlu diperhatikan bila menggunakan Ping.fm untuk berbagai situs jejaring sosial adalah bagaimana masing-masing situs jejaring sosial itu memperlakukan pesan yang diterima. Contohnya Twitter membatasi pesan sepanjang 140 karakter. Kalau kita mengirim pesan dengan panjang melebihi 140 karakter, pesan kita akan terpotong secara otomatis.

Semoga bermanfaat!

Download Pasword file rar Download Pasword file rar 2 Semoga bermanfaat… Dagangan hendry… Hendry Server Pulsa… Komputer murah… Untuk informasi dan download Software,PC Games,Tips Blog,Download Template Blog,Download Mp3 dll lebih banyak lagi Dapatkan juga berita Terkini, silahkan kunjungi http://www.hendrygeorge.com

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 18, 2011 in Facebook

 

2 responses to “>Update status ke semua Jejaring sosial dengan cepat

  1. kang asep sule

    Januari 16, 2012 at 9:20 pm

    wah, baru tau ane ada yang beginian. Makasih infonya gan

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: